Wapres Perintahkan Polisi Tindak Spekulan Penimbun Komoditas Pangan


KOKSTI.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi gudang Perum Bulog di Jakarta, Jumat, untuk meninjau ketersediaan pasokan beras menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Wapres mengatakan kunjungan ke pergudangan Perum Bulog dilakukan setelah sebelumnya ia berkunjung ke Kementerian Pertanian untuk memantau stok bahan pangan.

Baca Juga:
Lonjakan Harga Pangan dan Energi Bisa Picu Kerusuhan Sosial

Wapres menyampaikan, pemerintah mengharapkan ada kecukupan pasokan pangan baik beras maupun non-beras khususnya untuk mengatasi bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Dari laporan Bulog sudah cukup bahkan juga proses-proses untuk memperbaiki mutu yang ada di sini, sehingga nanti tidak ada lagi beras yang jelek tapi menjadi beras yang baik,” ujarnya di Jakarta,Jumat (11/3).

Wapres menekankan, dengan cukupnya pasokan beras dan bahan pangan dari sektor pertanian, maka para pengusaha diharapkan tidak melakukan ekspor sepanjang kebutuhan dalam negeri belum tercukupi.

“Supaya mengutamakan dalam negeri termasuk beras, minyak goreng dan sebagainya,” kata Wapres.

Wapres berharap ada upaya untuk memastikan kelancaran distribusi, agar tidak menimbulkan masalah lain, serta mengharapkan adanya upaya memastikan stabilitas harga dalam jangka pendek, terutama menjelang lebaran.

“Terakhir saya harap penegakan hukumnya, supaya dilakukan penegakan hukum tegas terhadap para spekulan yang menimbun komoditas, sehingga menyebabkan kebutuhan masyarakat menjadi terganggu,” tegas Wapres.

Menurut Wapres, penindakan terhadap spekulan harus dilakukan dengan tegas, karena tindakan spekulan akan berpengaruh terhadap kelangkaan barang dan kenaikan harga.

“Penegakan hukum secara tegas kalau ada yang bermain spekulan, kalau ada menyimpan untuk kebutuhan masyarakat, untuk itu ini harus ditegakkan,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Dirut Bulog Budi Waseso menyampaikan bahwa pasokan beras saat ini sudah mencukupi, di mana Bulog sudah memetakan wilayah-wilayah yang akan melakukan panen. Bulog, berkomitmen untuk mengutamakan kebutuhan dalam negeri.

“Kita selalu kerja sama dengan Kepala Badan Pangan Nasional dengan Mentan, Mendag, Menperin. Intinya yang utama soal pangan untuk nomor satu,” katanya. (Knu)

Baca Juga:
Ibas Minta Pemerintah Ambil Langkah Turunkan Harga-Harga Kebutuhan Pokok

Artikel Asli

Sumber: merahputih.com




KOKSTI.COM

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment

Partners : oktee.com | koksti.com | jawaban.live | Grahadi-bali.net | Yabram.com