Review Film The Pirates: The Last Royal Treasure (2022): Sekuel Menghibur


Di tengah pasar sinema yang sedang lesu, film The Pirates: The Last Royal Treasure langsung menggebrak dan menjadi box office di Korea Selatan. Sekuel yang membawa seluruh pemeran baru ini menjadi tontonan yang menghibur dengan perpaduan komedi dan aksi dalam tema bajak laut dan pencarian harta karun berskala besar.

Sinopsis film The Pirates: The Last Royal Treasure

Bercerita tentang komplotan bandit yang dipimpin oleh Woo Moo-chi (Kang Ha-neul) dan terdampar di lautan. Mereka ditemukan oleh sebuah kapal bajak laut yang dikepalai oleh perompak wanita, Hae-rang (Han Hyo-joo) dan anggota lainnya, seperti Mak-yi (Lee Kwang-soo), Han-gong (Oh Se-hun), dan Akwi (Park Ji-hwan).

Film The Pirates 2
via Netflix

Di sisi lain, berbagai pihak saling berlomba untuk mencari sebuah harga karun yang hilang milik keluarga kerajaan Goryeo yang menghilang tanpa jejak. Ketika Hae-rang dan kelompoknya menjarah kapal dari Jepang, mereka pun mengetahui tentang harta karun tersebut.

Perpecahan terjadi ketika Mak-yi mencuri peta tersebut. Meski pada akhirnya ia kembali berkumpul di satu kapal yang sama dengan Hae-rang. Mereka pun berhadapan dengan penjahat lainnya yang dipimpin oleh Bu Heung-soo (Kwon Sang-woo), mantan rekan Moo-chi ketika keduanya menjadi tentara kerajaan.

Masih memperebutkan harta karun

The Pirates: The Last Royal Treasure adalah sekuel dari film bertema perompak keluaran tahun 2014 berjudul The Pirates. Sayangnya tak ada pemeran asli yang kembali di film kedua. Begitu pula dengan cerita yang sama sekali baru, meski dengan tema perompak yang masih sama.

Benang merah yang mempertemukan antara film pertama dengan yang kedua adalah latar waktu di dinasti Joseon (1392-1897). Begitu pula dengan tema bajak laut serta perburuan harta karun dari dinasti Goryeo (918-1392), salah satu dinasti terbesar yang menyatukan semenanjung Korea.

pemeran film The Pirates 2
via Netflix

Dengan durasi lebih dari dua jam, ada banyak plot yang terbagi dalam beberapa fragmen. Terasa vibe dari Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006) yang mengisahkan tentang perburuan harta karun di pulau terpencil serta pertempuran antara perompak dan bajak laut.

Gaya petualangan berlandaskan komedi juga masih dipertahankan. Lihat saja berbagai adegan dipergunakan untuk mengundang tawa. Belum lagi dengan karakteristik dari berbagai pemeran utama yang kocak dan menyenangkan untuk diikuti.

Rangkaian aksi dan komedi saling berpadu untuk menyajikan tontonan di kala senggang. Memang ada banyak plot yang tak sesuai dengan logika dan dilebih-lebihkan. Tapi sebagai film yang ditujukan untuk menghibur, hal tersebut sepertinya bisa dimaklumi.

Kang Ha-neul dan Han Hyo-joo
via Netflix

Apalagi sekuel kali ini juga menghadirkan skala yang lebih besar dibandingkan film pertama. Terllihat dari megahnya latar dan properti yang digunakan. Meski dari segi cerita dan penokohan, tak ada yang benar-benar baru dibandingkan film keluaran tahun 2014 tersebut.

Yang membedakan antara dua film The Pirate adalah premis dan latar yang jauh berbeda dibandingkan dengan film Korea lainnya. Ceritanya tak kompleks dan terkadang terasa kurang logis. Tapi untuk sekelas film yang dibuat untuk tujuan menghibur, The Last Royal Treasure dibekali dengan aksi dan komedi yang menyenangkan.

Cast yang beragam

Sama seperti The Pirate, Kim Jung-hoon sebagai sutradara menggabungkan nama-nama besar Korea Selatan. Tak ada aktor asli di film pertama yang kembali karena alasan jadwal yang bentrok. Mungkin jarak antar film yang cukup jauh menjadi penyebabnya. Kali ini, Han Hyo-joo dan Kang Ha-neul didapuk sebagai pemeran utama.

Han Hyo-joo sebagai Hae-rang
via Netflix

Han Hyo-joo memadukan kecantikan sekaligus ketegasannya sebagai seorang pemimpin wanita dari kelompok bajak laut yang semuanya dihuni oleh pria. Sedikit mengagumkan di mana Hyo-joo yang berperan sebagai seorang bajak laut masih tetap memiliki wajah yang putih berseri. Sunscreen-nya pakai merek apa ya?

Kang Ha-neul sebagai bandit tampil beda dengan kumis dan jenggot serta rambut urakan. Sedangkan Lee Kwang-soo berperan seperti dirinya di variety Running Man; seorang penakut yang pura-pura kuat namun dipenuhi akal bulus dan kelicikan tiada tara.

Lee Kwang-soo sebagai Mak-yi
via Netflix

Film ini juga menjadi film Korea pertama yang dibintangi oleh member EXO, Oh Sehun. Tapi sayang perannya terbatas sebagai petarung tangguh nan cool dan chic. Begitu pula sajian romansa yang bahkan tidak terlalu menonjol dengan penipu wanita, Hae-geum, yang diperankan oleh Chae Soo-bin.

Cerita ringan dan menghibur

Walaupun sekuel ini tak berhubungan langsung dengan film pertama, tapi The Last Royal Treasure tak kalah populernya. Bahkan film bertabur bintang ini merupakan film pertama yang mampu meraih lebih dari sejuta penonton di tahun 2022 pada 11 hari perilisannya.

Kang Ha-neul sebagai Woo Moo-chi
via Netflix

Budget besar bukan hanya karena nama besar yang ikut ambil bagian. Tapi editan CGI yang tentu saja jauh lebih besar dibandingkan film drama atau thriller biasa. Penggunaan CGI yang cukup banyak mungkin juga bertujuan untuk mempercepat proses produksi. Pasalnya beberapa adegan komedik menggunakan binatang yang mungkin akan susah untuk diarahkan.

Sebagian terasa nyata dan mendukung keberlangsungan plot, tapi banyak CGI yang masih kasar dan terkesan mengganggu. Tapi mau tak mau, CGI memang diperlukan demi kelancaran cerita (dan tawa) dengan latar dan plot yang tak biasa.

pemeran film The Pirates: The Last Royal Treasure
via Netflix

Ceritanya dibuat ringan dan tak begitu kompleks. Lebih fokus pada aksi dan komedi, tanpa drama berlebihan yang mengurai air mata. Ya, walaupun pada beberapa bagian mulai membosankan, tapi The Last Royal Treasure cukup baik dalam menghadirkan cerita yang seru dari awal hingga akhir.

Bagi penggemar film Korea dan ingin mencari tontonan dengan genre petualangan dan bajak laut, The Pirates: The Last Royal Treasure patut jadi pilihan. Ringan, menghibur, dan tanpa perlu menguras otak menyaksikan komedi dan cerita yang berbeda dibandingkan dengan Kmovie biasanya.

Genre: Adventure, Komedi

Sutradara: Kim Jung-hoon

Penulis Naskah: Chun Sung-il

Pemeran: Kang Ha-Neul, Han Hyo-Joo, Lee Kwang-Soo

Rekomendasi Film

6.5/10

Summary

Bagi penggemar film Korea dan ingin mencari tontonan dengan genre petualangan dan bajak laut, The Pirates: The Last Royal Treasure patut jadi pilihan. Ringan, menghibur, dan tanpa perlu menguras otak menyaksikan komedi dan cerita yang berbeda dibandingkan dengan Kmovie biasanya.


KOKSTI.COM

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment

Partners : oktee.com | koksti.com | jawaban.live | Grahadi-bali.net | Yabram.com