Review Film The Adam Project (2022): Jelajah Waktu nan Emosional


Ryan Reynolds dan Shawn Levy kembali bekerja sama. Kali ini dalam film The Adam Project yang ditayangkan oleh Netflix. Menghadirkan kisah petualangan time travel bertemakan keluarga serta sisi emosional dari trauma masa kecil dengan gaya aksi yang ringan sekaligus menghibur.

Sinopsis film The Adam Project

Di tahun 2022, Adam Reed (Walker Scobell) adalah seorang anak pintar yang sering dibuli. Ketika berada di rumah sendirian, ia menemukan seorang pilot yang cedera di garasinya. Pilot tersebut ternyata adalah Adam dewasa (Ryan Reynolds) yang datang dari tahun 2050.

Walker Scobell dan Ryan Reynolds dalam The Adam Project
via Netflix

Adam dewasa pun menjelaskan bahwa ia datang dari masa depan untuk menyelamatkan istrinya, Laura (Zoe Saldana) yang terjebak di masa lalu. Ia juga ingin menyelamatkan timeline yang sudah dirusak oleh Maya Sorian (Catherine Keener).

Mereka akhirnya bertemu dengan Laura. Namun untuk memperbaiki timeline, mereka harus kembali ke tahun 2018, menemui ayah kedua Adam, yaitu Louis Reed (Mark Ruffalo) yang disebut-sebut menciptakan formula untuk menjelajahi waktu.

Fiksi ilmiah 80-an

Penggemar Steven Spielberg dan film fiksi ilmiah tentang perjalanan waktu tentu saja menjadi sasaran film The Adam Project. Tone petualangan 80-an dengan referensi mengenai perjalanan melintasi waktu dan segala konsekuensinya jelas terlihat pada film ini.

Film ini disutradarai oleh Shawn Levy yang sebelumnya turut bekerja sama dengan Ryan Reynolds dalam film aksi komedi Free Guy. Shawn yang juga pernah menyutradarai 8 episode serial Stranger Things tampak leluasa menghadirkan kisah petualangan ringan yang bisa dinikmati semua keluarga.

Ryan Reynolds dan Walker Scobell
via Netflix

Petualangan berbasis komedi yang ringan merupakan kekuatan film ini. Apalagi ditambah dengan kapasitas Ryan sebagai Raja Sarkasme yang membawa suasana komikal di berbagai aspek dalam cerita.

Ada banyak referensi yang diambil baik dari budaya populer lainnya. Misalnya saja senjata yang digunakan oleh Adam dewasa dirujuk sebagai lightsaber, masa depan bagaikan Terminator, serta perjalanan melintasi waktu untuk kepentingan pribadi layaknya Biff Tanner di Back to the Future II (1989).

Tak ketinggalan adegan aksi yang cukup membuat takjub. Baku hantam dengan koreografi apik serta adegan kejar-kejaran pesawat hingga di jalanan menghiasi dari awal hingga akhir.

Ryan Reynolds sebagai Adam Reed
via Netflix

Tapi bukan hanya itu, film ini tak lupa menghadirkan kesan emosional dan haru tentang bagaimana kehilangan bisa mengubah seseorang. Tema yang disampaikan dengan baik, tapi lebih banyak terpendam dan tertutup celotehan bermulut cepat milik pemeran Deadpool itu.

Pengambilan cerita dan plot terasa mengalir dengan dinamis dan agak cepat. Tak dibebankan dengan latar yang kompleks dan berbelit-belit. Tentu saja, mengingat potensi terbesar dari film ini terasa pada pengambilan tone yang ringan dalam kisah petualangan time travel yang menegangkan.

Kekuatan Ryan Reynolds

Awalnya film ini dikembangkan oleh Paramount sebelum dibeli oleh Netflix. Tom Cruise direncanakan untuk mengambil peran Adam Reed. Tapi Ryan Reynolds terasa lebih komedik dibandingkan dengan aktor Edge of Tomorrow (2014) tersebut.

Karena gaya yang goofy dan nyeleneh memang khas Ryan Reynolds, tentu saja penggemar aktor berusia 45 tahun ini akan menikmati film dengan gaya yang sama seperti perannya di Free Guy (2021) maupun Red Notice (2021).

Ryan Reynolds dalam film The Adam Project
via Netflix

Memang penampilan Ryan di berbagai film tak berubah banyak. Mulai dari celoteh yang seringkali diluar dugaan hingga ekspresinya yang komikal. Tapi tentu saja tak meledak-ledak seperti pada saat ia memerankan Merc with a Mouth yang beberapa waktu lagi siap datang ke semesta Marvel.

Yang berbeda di film ini, Ryan mendapatkan porsi akting yang lebih beragam; emosional dan terjebak dalam trauma masa lalu atas kehilangan sang ayah, dan ibu. Porsi yang sangat terasa pada adegan di bar bersama Jennifer Garner.

film The Adam Project
via Netflix

Satu hal lagi yang membuat film ini semakin memesona tentunya chemistry Ryan dengan aktor pendatang baru Walker Scobell yang sama-sama ‘bermulut besar’. Sebagian besar komedi terletak pada bagaimana Walker mampu menirukan gaya bicara Ryan yang memang sudah khas. Membuat kedua aktor ini terasa seperti satu orang yang sama.

Cerita ringan time travel

Masih butuh banyak ubahan untuk membuat film ini semakin kokoh, baik dalam segi petualangan hingga tema time travel. Menyebutkan bahwa dua orang yang sama dari waktu yang berbeda akan merusak tatanan waktu, tapi tak dijelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

Shwan dan tim penulis memang menjelaskan tentang aksi dan reaksi yang terjadi di masa lalu dengan masa depan. Hanya saja tak dianggap serius dan dibuat kompleks, sehingga menghilangkan keseruan dalam film ini.

Zoe Saldana dan Ryan Reynolds
via Netflix

Formula tentang kehilangan sosok ayah bukanlah hal baru. Keluarga yang berantakan memang menjadi tema yang sering dieksploitasi oleh kisah keluaran tahun 80-an. Dan kali ini masih terasa, tapi disampaikan dengan gaya sentimental dan jujur.

Termasuk third act yang mungkin lebih banyak aksi namun tanpa sisi emosional yang setara. Tak terasa megah, tapi cukup menyenangkan untuk dinikmati. Walaupun pada beberapa bagian terasa sangat ringan dan berakhir tanpa disangka-sangka.

Tapi inilah yang mungkin menjadi kekuatan film ini. Sebuah popcorn movie yang bisa dinikmati bersama keluarga. Meminimalisir plot yang kompleks dan kata-kata kasar, misalnya ketika Adam kecil mengucapkan “what the f**k” tapi hanya dalam gerak bibir.

Ryan Reynolds, Mark Ruffalo, dan Walker Scobell
via Netflix

Di satu sisi, film The Adam Project menawarkan nostalgia petualangan fiksi ilmiah yang ringan dan penuh aksi. Masih mengandalkan formula yang sama. Tapi ada sisi emosional, termasuk tema mengenai kehilangan yang membuat film ini semakin dinamis untuk dinikmati.

Genre: Fiksi Ilmiah

Sutradara: Shawn Levy

Penulis Naskah: Jonathan Tropper, T.S. Nowlin, Jennifer Flackett, Mark Levin

Pemeran: Ryan Reynolds, Walker Scobell, Zoe Saldana

Rekomendasi Film

7/10

Summary

Di satu sisi, film The Adam Project menawarkan nostalgia petualangan fiksi ilmiah yang ringan dan penuh aksi. Masih mengandalkan formula yang sama. Tapi ada sisi emosional, termasuk tema mengenai kehilangan yang membuat film ini semakin dinamis untuk dinikmati.


KOKSTI.COM

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment

Partners : oktee.com | koksti.com | jawaban.live | Grahadi-bali.net | Yabram.com