Ratusan Bus Disiapkan untuk Antar-Jemput Penonton MotoGP Mandalika


KOKSTI.COM – Persiapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, pada 18-20 Maret 2022 terus dimatangkan. Termasuk mengenai akomodasi para penonton di event internasional tersebut.

Komandan Lapangan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Cahyanto memastikan 278 bus gratis yang akan mengantar dan menjemput penonton MotoGP menuju sirkuit.

“Ada 278 shuttle bus sudah disiapkan khusus untuk mengangkut penonton di sejumlah titik penjemputan menuju sirkuit baik menuju parkir timur atau diparkir barat. Jumlah itu belum termasuk kendaraan dari angkutan sewa khusus (ASK) maupun angkutan sewa umum (ASU),” kata Hadi usai rapat koordinasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas dan Manajemen Roda Transportasi pendukung pelaksanaan ajang MotoGP bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemprov NTB, dan sejumlah asosiasi lainnya di Mataram, NTB, Selasa (15/3).

Baca Juga:

Bentengi Gelaran MotoGP Mandalika dari Klaster COVID-19, BNPB Genjot Vaksinasi

Selain itu untuk transportasi menuju areal sirkuit, kata Hadi, pemerintah juga menyiapkan 287 armada shuttle bus untuk mengantar dan menjemput penonton dari parkir barat dan parkir timur.

“Nanti penonton akan diantar ke gate 1, gate 2 atau gate 3 menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan. Jumlahnya 287 bus,” ujarnya, seperti dikutip Antara.

Oleh karena itu, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas serta pengangkutan penonton dengan aman dan nyaman pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder yang ada hubungannya dengan transportasi.

“Kita koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Darat, Kadis Perhubungan, Dirlantas Polda NTB bagaimana mengatur arus yang aman dan nyaman, karena jumlah penonton ini 60 ribu orang,” ucap Hadi.

Pada Rabu pagi (16/3), pihaknya akan melakukan simulasi di dua tempat pemberangkatan yaitu dari eks Bandara Selaparang Kota Mataram menuju sirkuit dan juga dari parkiran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) menuju sirkuit, guna memastikan penonton sudah di sirkuit ketika balapan dimulai pukul 09.00 WITA.

“Kita harus melakukan simulasi dari dua tempat dari bandara dan dari eks bandara untuk pemberangkatan bus. Dari sana para driver akan mendapatkan sinyal apakah dia akan belok melalui jalur bandara atau jalur lainnya,” kata Hadi.

Dari simulasi yang akan dilakukan itu mereka akan mengetahui kendala di mana saja sehingga bisa ntisipasi pada hari pelaksanaan, termasuk akan disimulasikan untuk penumpang yang ada di parkir utama untuk VIP Premier maupun untuk VIP delux.

Baca Juga:

Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi 60 Ribu, Tak Wajib Antigen

Sementara itu, Dinas Perhubungan NTB membagikan rute dan waktu keberangkatan bus gratis untuk para penonton MotoGP menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit .

“Shuttle bus bergerak dari masing masing simpul transportasi dengan jam operasional yang telah ditetapkan dan perlu diperhatikan persyaratan bagi masyarakat yang akan menggunakan shuttle bus tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Moh Faozal.

Dishub NTB telah merilis sejumlah rute bus gratis ke Pertamina Mandalika International Street Circuit dan waktu penjemputan serta pengantarannya, di antaranya rute Bangsal ke Mandalika pukul 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke Bangsal 16.00-22.00 WITA.

Selanjutnya Eks Bandara Selaparang ke Mandalika 6.30-12.00 WITA dan Mandalika ke eks Bandara Selaparang 16.00-22.00 WITA.

Lembar Pelabuhan Gili Mas ke Mandalika 16.00-22 WITA dan Mandalika ke Lembar Gili Mas Mas 16.00-22.00 WITA.

Kayangan ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke Kayangan 16.00-22.00 WITA.

BIZAM ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke BIZAM 16.00-22.00 WITA.

“Khusus tanggal 20 Maret, jadwal bus gratis diperpanjang sampai dengan pukul 23.00 WITA,” ujarnya.

Persyaratan untuk dapat menggunakan fasilitasi bus gratis ini di antaranya, memiliki tiket MotoGP, hasil negatif tes antigen bagi yang belum divaksin dua kali dengan biaya Rp 80.000 serta harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Tempat penyekatan MotoGP sendiri berada pada 3 titik, di antaranya Bundaran BIZAM, Bundaran Songgong, Bundaran Mong.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menegaskan penyediaan bus gratis tersebut untuk antisipasi bila ada lonjakan penonton yang diprediksi/ditargetkan mencapai 60 ribu orang. Sebanyak 278 bus disediakan untuk melayani rute ke pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

Budi Setiyadi optimistis, dengan fasilitas layanan transportasi darat gratis di semua pintu masuk di NTB akan memudahkan para penonton dari luar kota/provinsi maupun luar negeri sampai ke lokasi arena balap MotoGP.

Selain bus gratis dari Bandara dan Pelabuhan di Lombok, angkutan ini juga mengantarkan penonton MotoGP Mandalika pada 7 rute dari parkir barat dan parkir timur menuju gate 1, gate 2, dan gate 3 Sirkuit Mandalika. (*)

Baca Juga:

Rute Parade Pembalap MotoGP

Artikel Asli

Sumber: merahputih.com




KOKSTI.COM

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment

Partners : oktee.com | koksti.com | jawaban.live | Grahadi-bali.net | Yabram.com