Belum Laporkan Harta Warisan Lewat SPT Tahunan, Bisa Ikut Tax Amnesty Jilid II!


KOKSTI.COM, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo mengungkapkan bagi mereka yang belum melaporkan harta warisan ke SPT pajak masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tax amnesty jilid II dan berlaku jika aset didapat sampai akhir 2015 atau sepanjang 2016 hingga 2020.

” Program pengungkapan sukarela bagi masyarakat wajib pajak (WP) yang mungkin ketinggalan hartanya, dan belum terlaporkan ke dalam SPT ada kesempatan diberikan oleh UU, selama periode setengah tahun ini,” ucap Suryo Utomo, saat menghadiri acara sosialisasi UU HPP di Jawa Tengah, Kamis (10/3/22) yang ditayangkan di kanal youtube.

Sekitar hampir 21 ribu wajib pajak sejak 1 Januari 2022 sampai sekarang telah mengikuti program pengungkapan sukarela. Ia berharap akan lebih banyak lagi wajib pajak yang berpartisipasi dengan program tersebut. Sehingga ke depannya ada jalan baru untuk perpajakan menjadi lebih adil dan merata.

” Uang dari pada program pengungkapan sukarela ini yang sudah terkumpulkan sekitar hampir Rp3 triliun sampai dengan hari kemarin. Besar harapan program ini adalah program yang singkat hanya sampai akhir Juni. Jadi mohon kiranya bapak ibu sekalian sebelum kami melanjutkan perjalanan berikutnya setelah Juni, kesempatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Lebih lanjut pihaknya menyebutkan untuk SPT pajak sudah terkumpul sebanyak Rp5,4 juta wajib pajak, sebagian besar adalah wajib pajak orang pribadi. Sekitar 100,35 ribu adalah wajib pajak badan. Pembayaran untuk wajib pajak pribadi akan berkahir sampai 31 Maret 2022.

” Dalam kesempatan ini pandemi Covid-19 sudah mulai berbeda dari tahun kemarin atau tahun 2020, saatnya kita lebih berpatisipasi dalam menyampaikan SPT tahunan, baik orang pribadi maupun SPT tahunan wajib pajak badan,” tambahnya.

Sekadar informasi, di dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan ada sebuah program yaitu program pengungkapan sukarela yang sudah berlaku sejak 1 Januari 2022. Program tersebut merupakan program bagi masyarakat wajib pajak yang mungkin belum melaporkan ke dalam SPT Tahunan. Adapun series sosialiasasi UU HPP ini sudah dilakukan dibeberapa tempat yaitu Bali, Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, dan ke depannya akan dilakukan dibeberapa tempat lainnya.[]

Artikel Asli

Sumber: akurat.co




KOKSTI.COM

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment

Partners : oktee.com | koksti.com | jawaban.live | Grahadi-bali.net | Yabram.com